Alat Tes Penerimaan Pegawai

 

Pada dasarnya dalam sebelum pegawai diterima untuk bekerja, maka terlebih dahulu pegawai tersebut dinilai dengan menggunakan alat tes. Jenis alat tes penerimaan pegawai bermacam-macam jenisnya. Setiap tipe tes mempunyai kegunaan yang terbatas, dan mempunyai tujuan yang berbeda. Secara ringkas, berbagai tipe tes dapat diuraikan sebagai berikut :

 (1) Tes-tes Psikologis. yaitu berbagai peralatan tes yang mengukur atau menguji kepribadian atau temperamen, bakat, minat, kecerdasan dan keinginan berprestasi. Bentuk-bentuk tes ini mencangkup :

 (a) Tes Kecerdasan (intelligence test) yaitu untuk menguji kemampuan mental pelamar dalam hal daya pikir secara menyeluruh dan logis. 

(b) Tes Kepribadian {personality test), yaitu untuk mengetes kepribadian mental pelamar dalam hal kesediaan bekerja sama, sifat kepemimpinan, kejujuran dan unsur-unsur kepribadian lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan, 

(c) Tes Bakat ( aptitude test), yaitu untuk mengetes dan mengukur kemampuan mental potensial pelamar apakah mempunyai kesanggupan untuk dikembangkan di kemudian hari. 

(d) Tes Minat (interest test), yaitu untuk mengetes jenis pekerjaan apa yang paling disenangi oleh pelamar dan mengukur apa pelamar cocok serta antusias mengerjakan pekerjaan yang akan diberikan kepadanya, 

(e) Tes Prestasi ( achievement test) yaitu untuk mengetes dan mengukur apa pelamar akan mampu berprestasi mengerjakan pekerjaan yang diberikan kepadanya. Tes prestasi ini hendaknya dilakukan secara cermat dan mendalam untuk mengetahui apa pelamar mempunyai mental serta kemauan besar dalam mencapai prestasi kerja optimal 

(2) Tes-tes pengetahuan, yaitu bentuk tes yang menguji informasi atau pengetahuan yang dimiliki para pelamar. Pengetahuan yang diujikan harus sesuai dengan kebutuhan untuk melaksanakan pekerjaan. 

(3) Tes Kemampuan yaitu bentuk tes yang mengukur kemampuan para pelamar untuk melaksanakan beberapa bagian pekerjaan yang akan dipegangnya. Sebagai contoh : tes mengetik untuk calon pengetik.

Alat Tes Penerimaan Pegawai 4.5 5 Unknown Pada dasarnya dalam sebelum pegawai diterima untuk bekerja, maka terlebih dahulu pegawai tersebut dinilai dengan menggunakan alat tes. Jenis...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.