Psikologi Evolusioner

 

PSIKOLOGI EVOLUSIONER

Sementara ilmu kognitif mengurusi isi mekanisme yang mendasari pikiran dan perilaku, psikologi evolusionermengurusi asal mula mekanisme kognitif dan psikologi lain. Selain psikologi, beberapa disiplin utama yang terlibat adalah cabang antropologi,biologi,dan psikiatri.

Gagasan utama di balik psikologi evolusioner adalah, sama seperti mekanisme biologi, mekanisme psikologi haruslah telah berkembang selama berjuta-juta tahun melalui proses seleksi alam. Mengatakan bahwa mekanisme psikologi telah berkembang melalui seleksi alam berarti mengatakan pula bahwa mekanisme psikologi memiliki dasar genetik,dan hal ini telah terbukti di masa lalu untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kelangsungan hidup atau peningkatan kemungkinan reproduksi.untuk memperjelasnya, perhatikan kesenangan akan rasa manis.


Freferensi itu dapat dianggap sebagai mekanisme psikologi dan memiliki dasar genetik. Selain itu, kita memiliki preferensi tersebut karena dalam masa lalu evolusioner, kesenangan akan rasa manis ini meningkatkan kemungkinan hidup nenek moyang kita[buah yang rasanya manis memiliki nilai nutrisi yang tinggi],yang meningkatkan kemungkinan kelangsungan hidup gen yang relawan[symos, 1991].
Psikologi Evolusioner 4.5 5 Unknown PSIKOLOGI EVOLUSIONER Sementara ilmu kognitif mengurusi isi mekanisme yang mendasari pikiran dan perilaku, psikologi evolusioner mengurusi a...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.